Mengenal SEO untuk
pemula
SEO adalah kepanjangan
dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah tehnik untuk menempatkan website
pada top 10 hasil pencarian di search engine untuk kata kunci yang telah
ditentukan.
Hal yang perlu dipahami sebelum belajar SEO
1. Mempelajari
bagaimana cara kerja search engine
2. Mempelajari logika
dasar perankingan di search engine
3. Mempelajari faktor
yang menjadi acuan dalam perangkingan
4. Memperlajari
perilaku visitor ketika akan mencari informasi di internet
Cara kerja search engine
Jika disederhanakan,
pola kerja perusahaan search engine adalah sebagai berikut : - Mereka berusaha
merekam semua halaman yang ada di internet - Mereka berusaha mengelompokan
berdasarkan kesesuaian kategori - Mereka berusaha merangkingkan setiap website
berdasarkan logaritma yang mereka miliki - Mereka berusaha 'membuang halaman
website' yang tidak berguna/spam dan mengganggu ekosistem perangkingan mereka -
Mereka selalu berusaha menampilkan data terbaik, terakurat dan terupdate di
hasil pencarian Tujuan utama mereka yaitu membuat pengguna search engine
merasa ‘nyaman’ , dan membantu penggunanya untuk menemukan informasi dengan
cepat dan akurat.
Informasi yang cepat dan akurat
Proses perekaman halaman website
Mesin pencari tidak
merekam secara manual satu persatu setiap website, karena akan membutuhkan
waktu yang sangat lama, mengingat jumlah website yang ada sekarang mencapai
ratusan juta halaman, dan akan terus bertambah setiap detiknya.
Mesin pencari mempunyai
sistem otomatis yang disebut dengan spider. Puluhan ribu robot spider bekerja
sepanjang tahun tanpa henti, dengan tugas utamanya yaitu menelusuri jutaaan
halaman website baru.
Lalu bagaimana sebuah
spider bisa mengetahui keberadaan sebuah website ? Spider tergolong
'cerdas', namun mereka tidak mempunyai mata seperti kita. Mereka hanyalah
serangkaian kode baris pemograman. Karena spider itu ‘buta’, maka dia
memanfaatkan apa yang disebut dengan 'tautan', link, hyperlink, anchor
link.
Ya, spider bisa tahu keberadaan
website B, karena di website A terdapat link tautan yang mengarah ke website B.
Begitu seterusnya, jika didalam website C terdapat tautan ke website D, maka
spider tak segan untuk berselancar ke website D. Spider bekerja di balik layar,
tanpa terlihat oleh kita, mereka terus bekerja sepanjang waktu untuk
menghasilkan informasi terbaik.
Link youtube by mat
cutts, Google Webspam Team https://www.youtube.com/watch?v=BNH... https://www.youtube.com/watch?v=KyC... https://www.youtube.com/watch?v=XZm...
Spider
- Google Web Crawl
Proses perangkingan
Setelah jutaan website
berhasil terkumpul, maka tugas search engine selanjutnya adalah
mengurutkan kesemuanya itu menjadi sebuah urutan yang dinamis berdasarkan
keakuratan informasi yang terdapat di masing masing website.
Faktor yang menentukan
perangkingan ini jumlahnya mencapai ratusan, semua pelaku SEO
tidak tahu pasti faktor apa sajakah itu. Mereka hanya mencoba menerka dengan
cara menggali informasi yang diterbitkan oleh pihak search engine secara
berkala. Sampai saat ini, ratusan faktor itu masih menjadi rahasia pihak
internal search engine. Kerap kali mereka merilis informasi tentang ini,
namun dengan cakupan informasi yang sangat terbatas.
Hingga saat ini,
faktor yang diyakini paling berpengaruh oleh sebagian besar praktisi SEO adalah
kualitas kontent dan kualitas link tautan (backlink).
https://moz.com/google-algorithm-ch... http://searchengineland.com/library... https://moz.com/blog/the-myth-of-go... https://moz.com/blog/ranking-factor... http://searchengineland.com/seotabl... http://backlinko.com/search-engine-...
Search
Engine Ranking Factor
Mengenal tehnik SEO
Pada dasarnya, tehnik
SEO bisa dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu tehnik SEO on page dan tehnik
SEO off page 1. Tehnik SEO on page Adalah sebuah tehnik untuk
menyelaraskan frase kata kunci (keyword) pada keseluruhan konten di sebuah
halaman website. Hal ini dilakukan dengan cara meletakan kata kunci pada elemen
elemen penting dalam sebuah halaman website. Proses ini harus dilakukan secara
proposional. Tujuanya adalah memberikan sinyal atau isyarat kepada ‘spider’
tentang kategori website kita, dan topik yang menjadi fokus dalam website kita.
Element website yang
seringkali dijadikan tempat untuk meletakan kata kunci antara lain - Judul
Halaman atau judul website - Judul artikel atau konten website - Keyword pada
nama domain atau URL halaman website - Image tag dll
Selain itu, menjawab
tugas search engine dalam menyediakan informasi akurat dan senyaman mungkin
bagi penggunanya, ada beberapa tugas tambahan kita sebagai pelaku SEO,
diantaranya : - Navigasi situs yang mudah bagi pengunjung website - Kecepatan
loading halaman website - Fitur ‘mobile friendly’ sehingga mudah dibuka oleh
pengguna mobile gadget - User Experience atau pengalaman pengunjung saat
mengunjungi website kita
Jika anda bukan
termasuk dalam golongan ‘IT person’, hal diatas akan menjadi sulit dilakukan.
Khususnya yang berkaitan langsung dengan bahasa pemograman website. Namun
jangan kuatir, saat ini telah banyak website siap pakai berbentuk CMS (content
management system) yang sudah dilengkapi dengan fitur yang mendukung penerapan
tehnik SEO on page.
Sebut saja, Wordpress
CMS dengan modul modul SEOnya : https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/
https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/ https://wordpress.org/plugins/seo-ultimate/
SEO
on page
Tehnik SEO Off Page
Tehnik ini sangat erat
kaitanya dengan backlink. Backlink adalah link tautan dari website lain yang
mengarah ke website kita. Segala macam pembahasan tentang tehnik SEO off
page, akan berujung pada peningkatan jumlah backlink yang berkualitas.Ya, Bukan
saja banyak secara jumlah, namun juga perlu diperhatikan pula kuantitas link
asal. Artinya, akan lebih berguna jika kita mendapatkan backlink dari ‘website
website besar’ dan populer, daripada sekedar blog baru yang berisi informasi
sampah.
Kualitas disini
artinya, website tersebut cukup populer dan ramai dikunjungi orang, mempunyai
fungsi atau kontent yang yang berguna bagi banyak orang.
Pertanyaan yang muncul
sekarang adalah bagaimana cara kita mendapatkan backlink dengan mudah. Cara
yang paling disarankan adalah membuat fungsi dan konten website kita berguna
bagi banyak orang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat artikel yang
berkualitas, sehingga banyak orang atau website yang dengan sukarela akan
mereferensikan website kita.
kualitas dan kuantitas backlink
Dengan konten yang
berkualitas, maka akan banyak orang yang mereferensikan share artikel dan
sejenisnya.
SEO
OFF PAGE
The Dark Side Namun bukan hal yang
mudah untuk membuat sebuah konten yang menarik dan berkualitas. Untuk
mensiasati akan hal ini, para pelaku seo biasanya menggunakan tehnik atau trik
sebagai berikut :
1. Mendaftarkan
websitenya ke web web direktori, online portal, forum online, social bookmark,
social network, blog comment, dll. Mereka berpikir seribu cara bagaimana untuk
meninggalkan link di website tersebut. Tehnik ini sering disebut dengan
backlink submission atau link building eg. Submission Software http://www.scrapebox.com/ http://www.senuke.com/ http://www.botmasterlabs.net/ aka xrummer
2. Bertukar link
sesama pengelola website. Tehnik ini sering disebut dengan link exchange,
reciprocal link . http://www.linkmarket.net/
3. Membayar ke pihak
tertentu untuk menuliskan artikel dalam bentuk review yang disertakan backlink
ke websitenya, tehnik ini sering disebut dengan paid review. eg. http://paidreviewindonesia.com/ http://www.sponsoredreviews.com/ http://www.textlinksads.com/
4. Membayar ke pemilik
website lain, agar mau meletakan url link website, Tehnik ini sering disebut
dengan paid backlink eg. Backlinks Market Place http://www.backlinks.com/ http://www.hpbacklinks.com/
5. Membuat ratusan
dummy blog/website, yang seolah-olah memberikan link tautan ke websitenya.
Tehnik ini sering disebut dengan link farm, private blog network, link wheel
eg. http://linksearching.com/services/p... www.thebacklinkpros.com/link-wheel-service/
dan masih banyak
lainya ...
Kegiatan pembentukan
digital assets dalam bentuk backlink/link building masih menjadi fenomena, ada
yang melakukan dengan cara yang legal (whitehat) atau pun yang sedikit dibumbui
dengan intrik intrik ‘nakal’. http://webris.org/ultimate-list-of-... http://www.business.com/content-mar...
Riset Kata Kunci
Proses ini mutlak
dilakukan dalam proses SEO. Tanpa proses ini, semua tindakan SEO anda hampir
tidak ada gunanya. Bahkan jika anda salah dalam menentukan kata kunci, maka sia
sia sudah perjuangan dalam mencari ribuan backlink.
Tujuan dari melakukan
riset kata kunci adalah
·
Mencari tahu frase
kata apa yang yang seringkali digunakan oleh visitor
·
Mengetahui seberapa
besar kompetitor atau kekuatan lawan hasil pencarian search engine
·
Menghindari faktor
kira kira, kebanyakan pemilik website tidak menggunakan data yang akurat,
mereka mengandalkan pengalaman mereka sendiri dalam menentukan kata kunci
·
Menggunakan tools
dan database untuk menghindari point diatas http://www.wordstream.com/keywords http://freshkey.com/ https://ubersuggest.io/ Google Keyword Planner
(free) https://www.semrush.com/ https://www.compete.com/
·
Membaca potensi
pengunjung untuk sebuah kata kunci
Ada banyak macam jenis
kata kunci, Diantaranya adalah penggolongan kata kunci dari sudut pandang
kustomer
·
Informational
Keywords Keyword ini biasanya digunakan oleh pengguna
yang sedang melakukan riset dan informasi. Kecenderungan kata kunci jenis ini
adalah sifatnya terlalu umum eg. Komputer, Virus Komputer, Hobi dkk
·
Comparison
Keywords Keyword ini digunakan oleh calon kustomer
ketika berencana membeli barang. Mereka mencoba membanding bandingkan harga,
spesifikasi, jenis barang, alternatif barang. eg, harga termurah, harga produk
dll
·
Buying Keywords Keyword ini sering digunakan oleh visitor ketika mereka 'sudah
siap' untuk melakukan transaksi, sudah memutuskan jenis atau macam produk yang
akan dibeli eg. Jenis produk, Type Produk, Samsung Seris xxx, spesifikasi
produk, alamat toko
Pembagian kata kunci
berdasarkan penentuan segmentasi market
1. Traditional Keyword Paling banyak
dilakukan oleh praktisi SEO, karena cukup mudah, hanya cukup memilih kata kunci
yang berkaitan dengan produk, lalu di lakukan backlink submission. Pro: Cukup
mudah, hanya cukup riset kata kunci + Backlink Submission Cont: Seringkali
persaingan di hasil pencarian sangat tinggi
2. Long Tail Keyword /
Semantic Keyword Menggandalkan keyword turunan dengan jumlah frase yang lebih
banyak Pro: Persaingan jauh lebih sedikit, kata kunci lebih segmented dan
targeted Cont: Visitor lebih sedikit
3. Angle Keyword Menggunakan kata
kunci yang tidak lazim digunakan kompetitor, tapi ujungnya adalah sama , yaitu
mendapatkan pengunjung ke website namun dengan sudut pandang yang berbeda.
Konsepnya adalah blue ocean, menghindari persaingan yang terlalu krodit. Pro:
Persaingan sedikit, lebih mudah memaintaince Cont: Butuh lebih banyak
kreatifitas membuat campaign
Kesimpulan
SEO adalah Tehnik
untuk membuat website tampil di halaman pertama hasil pencarian secara organik
(non paid, no adwords )
Urutan Prosesnya
1. Lakukan riset untuk
mendapatkan kata kunci terbaik
2. Buat kontent yang
paling berkualitas dan dibutuhkan pengguna
3. Masukan keyword
dalam komponen website dengan teknik on page
4. Backlink Submission
/ link building dengan tehnik off page
5. Monitor semua
proses SEO diatas
Terima kasih, Semoga
bermanfaat !
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon