Mengenal SEO untuk Pemula

Mengenal SEO untuk pemula

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization, yaitu sebuah tehnik untuk menempatkan website pada top 10 hasil pencarian di search engine untuk kata kunci yang telah ditentukan.
Hal yang perlu dipahami sebelum belajar SEO
1. Mempelajari bagaimana cara kerja search engine
2. Mempelajari logika dasar perankingan di search engine
3. Mempelajari faktor yang menjadi acuan dalam perangkingan
4. Memperlajari perilaku visitor ketika akan mencari informasi di internet
Cara kerja search engine
Jika disederhanakan, pola kerja perusahaan search engine adalah sebagai berikut : - Mereka berusaha merekam semua halaman yang ada di internet - Mereka berusaha mengelompokan berdasarkan kesesuaian kategori - Mereka berusaha merangkingkan setiap website berdasarkan logaritma yang mereka miliki - Mereka berusaha 'membuang halaman website' yang tidak berguna/spam dan mengganggu ekosistem perangkingan mereka - Mereka selalu berusaha menampilkan data terbaik, terakurat dan terupdate di hasil pencarian Tujuan utama mereka yaitu membuat pengguna search engine merasa ‘nyaman’ , dan membantu penggunanya untuk menemukan informasi dengan cepat dan akurat.

Informasi yang cepat dan akurat
Proses perekaman halaman website
Mesin pencari tidak merekam secara manual satu persatu setiap website, karena akan membutuhkan waktu yang sangat lama, mengingat jumlah website yang ada sekarang mencapai ratusan juta halaman, dan akan terus bertambah setiap detiknya.

Mesin pencari mempunyai sistem otomatis yang disebut dengan spider. Puluhan ribu robot spider bekerja sepanjang tahun tanpa henti, dengan tugas utamanya yaitu menelusuri jutaaan halaman website baru.

Lalu bagaimana sebuah spider bisa mengetahui keberadaan sebuah website ? Spider tergolong 'cerdas', namun mereka tidak mempunyai mata seperti kita. Mereka hanyalah serangkaian kode baris pemograman. Karena spider itu ‘buta’, maka dia memanfaatkan apa yang disebut dengan 'tautan', link, hyperlink, anchor link.

Ya, spider bisa tahu keberadaan website B, karena di website A terdapat link tautan yang mengarah ke website B. Begitu seterusnya, jika didalam website C terdapat tautan ke website D, maka spider tak segan untuk berselancar ke website D. Spider bekerja di balik layar, tanpa terlihat oleh kita, mereka terus bekerja sepanjang waktu untuk menghasilkan informasi terbaik.



Spider - Google Web Crawl

Proses perangkingan
Setelah jutaan website berhasil terkumpul, maka tugas search engine selanjutnya adalah mengurutkan kesemuanya itu menjadi sebuah urutan yang dinamis berdasarkan keakuratan informasi yang terdapat di masing masing website.

Faktor yang menentukan perangkingan ini jumlahnya mencapai ratusan, semua pelaku SEO tidak tahu pasti faktor apa sajakah itu. Mereka hanya mencoba menerka dengan cara menggali informasi yang diterbitkan oleh pihak search engine secara berkala. Sampai saat ini, ratusan faktor itu masih menjadi rahasia pihak internal search engine. Kerap kali mereka merilis informasi tentang ini, namun dengan cakupan informasi yang sangat terbatas.

Hingga saat ini, faktor yang diyakini paling berpengaruh oleh sebagian besar praktisi SEO adalah kualitas kontent dan kualitas link tautan (backlink).



Search Engine Ranking Factor
Mengenal tehnik SEO
Pada dasarnya, tehnik SEO bisa dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu tehnik SEO on page dan tehnik SEO off page 1. Tehnik SEO on page Adalah sebuah tehnik untuk menyelaraskan frase kata kunci (keyword) pada keseluruhan konten di sebuah halaman website. Hal ini dilakukan dengan cara meletakan kata kunci pada elemen elemen penting dalam sebuah halaman website. Proses ini harus dilakukan secara proposional. Tujuanya adalah memberikan sinyal atau isyarat kepada ‘spider’ tentang kategori website kita, dan topik yang menjadi fokus dalam website kita.
Element website yang seringkali dijadikan tempat untuk meletakan kata kunci antara lain - Judul Halaman atau judul website - Judul artikel atau konten website - Keyword pada nama domain atau URL halaman website - Image tag dll

Selain itu, menjawab tugas search engine dalam menyediakan informasi akurat dan senyaman mungkin bagi penggunanya, ada beberapa tugas tambahan kita sebagai pelaku SEO, diantaranya : - Navigasi situs yang mudah bagi pengunjung website - Kecepatan loading halaman website - Fitur ‘mobile friendly’ sehingga mudah dibuka oleh pengguna mobile gadget - User Experience atau pengalaman pengunjung saat mengunjungi website kita

Jika anda bukan termasuk dalam golongan ‘IT person’, hal diatas akan menjadi sulit dilakukan. Khususnya yang berkaitan langsung dengan bahasa pemograman website. Namun jangan kuatir, saat ini telah banyak website siap pakai berbentuk CMS (content management system) yang sudah dilengkapi dengan fitur yang mendukung penerapan tehnik SEO on page.



SEO on page
Tehnik SEO Off Page
Tehnik ini sangat erat kaitanya dengan backlink. Backlink adalah link tautan dari website lain yang mengarah ke website kita. Segala macam pembahasan tentang tehnik SEO off page, akan berujung pada peningkatan jumlah backlink yang berkualitas.Ya, Bukan saja banyak secara jumlah, namun juga perlu diperhatikan pula kuantitas link asal. Artinya, akan lebih berguna jika kita mendapatkan backlink dari ‘website website besar’ dan populer, daripada sekedar blog baru yang berisi informasi sampah.

Kualitas disini artinya, website tersebut cukup populer dan ramai dikunjungi orang, mempunyai fungsi atau kontent yang yang berguna bagi banyak orang.

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah bagaimana cara kita mendapatkan backlink dengan mudah. Cara yang paling disarankan adalah membuat fungsi dan konten website kita berguna bagi banyak orang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat artikel yang berkualitas, sehingga banyak orang atau website yang dengan sukarela akan mereferensikan website kita.

kualitas dan kuantitas backlink



Dengan konten yang berkualitas, maka akan banyak orang yang mereferensikan share artikel dan sejenisnya.


SEO OFF PAGE
The Dark Side Namun bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah konten yang menarik dan berkualitas. Untuk mensiasati akan hal ini, para pelaku seo biasanya menggunakan tehnik atau trik sebagai berikut :

1. Mendaftarkan websitenya ke web web direktori, online portal, forum online, social bookmark, social network, blog comment, dll. Mereka berpikir seribu cara bagaimana untuk meninggalkan link di website tersebut. Tehnik ini sering disebut dengan backlink submission atau link building eg. Submission Software http://www.scrapebox.com/ http://www.senuke.com/ http://www.botmasterlabs.net/ aka xrummer

2. Bertukar link sesama pengelola website. Tehnik ini sering disebut dengan link exchange, reciprocal link . http://www.linkmarket.net/

3. Membayar ke pihak tertentu untuk menuliskan artikel dalam bentuk review yang disertakan backlink ke websitenya, tehnik ini sering disebut dengan paid review. eg. http://paidreviewindonesia.com/ http://www.sponsoredreviews.com/ http://www.textlinksads.com/

4. Membayar ke pemilik website lain, agar mau meletakan url link website, Tehnik ini sering disebut dengan paid backlink eg. Backlinks Market Place http://www.backlinks.com/ http://www.hpbacklinks.com/

5. Membuat ratusan dummy blog/website, yang seolah-olah memberikan link tautan ke websitenya. Tehnik ini sering disebut dengan link farm, private blog network, link wheel eg. http://linksearching.com/services/p... www.thebacklinkpros.com/link-wheel-service/
dan masih banyak lainya ...


Kegiatan pembentukan digital assets dalam bentuk backlink/link building masih menjadi fenomena, ada yang melakukan dengan cara yang legal (whitehat) atau pun yang sedikit dibumbui dengan intrik intrik ‘nakal’. http://webris.org/ultimate-list-of-... http://www.business.com/content-mar...

Riset Kata Kunci
Proses ini mutlak dilakukan dalam proses SEO. Tanpa proses ini, semua tindakan SEO anda hampir tidak ada gunanya. Bahkan jika anda salah dalam menentukan kata kunci, maka sia sia sudah perjuangan dalam mencari ribuan backlink.

Tujuan dari melakukan riset kata kunci adalah

·       Mencari tahu frase kata apa yang yang seringkali digunakan oleh visitor
·       Mengetahui seberapa besar kompetitor atau kekuatan lawan hasil pencarian search engine
·       Menghindari faktor kira kira, kebanyakan pemilik website tidak menggunakan data yang akurat, mereka mengandalkan pengalaman mereka sendiri dalam menentukan kata kunci
·       Menggunakan tools dan database untuk menghindari point diatas http://www.wordstream.com/keywords http://freshkey.com/ https://ubersuggest.io/ Google Keyword Planner (free) https://www.semrush.com/ https://www.compete.com/
·       Membaca potensi pengunjung untuk sebuah kata kunci
Ada banyak macam jenis kata kunci, Diantaranya adalah penggolongan kata kunci dari sudut pandang kustomer

·       Informational Keywords Keyword ini biasanya digunakan oleh pengguna yang sedang melakukan riset dan informasi. Kecenderungan kata kunci jenis ini adalah sifatnya terlalu umum eg. Komputer, Virus Komputer, Hobi dkk
·       Comparison Keywords Keyword ini digunakan oleh calon kustomer ketika berencana membeli barang. Mereka mencoba membanding bandingkan harga, spesifikasi, jenis barang, alternatif barang. eg, harga termurah, harga produk dll
·       Buying Keywords Keyword ini sering digunakan oleh visitor ketika mereka 'sudah siap' untuk melakukan transaksi, sudah memutuskan jenis atau macam produk yang akan dibeli eg. Jenis produk, Type Produk, Samsung Seris xxx, spesifikasi produk, alamat toko

Pembagian kata kunci berdasarkan penentuan segmentasi market

1.    Traditional Keyword Paling banyak dilakukan oleh praktisi SEO, karena cukup mudah, hanya cukup memilih kata kunci yang berkaitan dengan produk, lalu di lakukan backlink submission. Pro: Cukup mudah, hanya cukup riset kata kunci + Backlink Submission Cont: Seringkali persaingan di hasil pencarian sangat tinggi

2.    Long Tail Keyword / Semantic Keyword Menggandalkan keyword turunan dengan jumlah frase yang lebih banyak Pro: Persaingan jauh lebih sedikit, kata kunci lebih segmented dan targeted Cont: Visitor lebih sedikit

3.    Angle Keyword Menggunakan kata kunci yang tidak lazim digunakan kompetitor, tapi ujungnya adalah sama , yaitu mendapatkan pengunjung ke website namun dengan sudut pandang yang berbeda. Konsepnya adalah blue ocean, menghindari persaingan yang terlalu krodit. Pro: Persaingan sedikit, lebih mudah memaintaince Cont: Butuh lebih banyak kreatifitas membuat campaign

Kesimpulan
SEO adalah Tehnik untuk membuat website tampil di halaman pertama hasil pencarian secara organik (non paid, no adwords )
Urutan Prosesnya

1. Lakukan riset untuk mendapatkan kata kunci terbaik
2. Buat kontent yang paling berkualitas dan dibutuhkan pengguna
3. Masukan keyword dalam komponen website dengan teknik on page
4. Backlink Submission / link building dengan tehnik off page
5. Monitor semua proses SEO diatas

Terima kasih, Semoga bermanfaat !


Previous
Next Post »